Indonesia berambisi untuk menggelar jaringan 5G tahun 2021. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau agar para operator seluler bersiap-siap ke jaringan seluler paling mutakhir ini.
"Setelah pengumuman pemenang lelang spektrum ini, Kementerian Kominfo mendorong tiga pemenang, Smartfren, Telkomsel, dan Tri untuk segera melakukan persiapan penggelaran layanan 5G sesuai dengan komitmennya," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada detikINET.
Sebagai informasi, Smartfren, Telkomsel, dan Tri merupakan operator seluler yang baru saja mendapatkan amunisi baru berupa tambahan spektrum di frekuensi 2,3 GHz yang masing-masing satu blok. Di frekuensi 2,3 GHz itu nantinya akan diarahkan pemerintah untuk transformasi digital hingga penggelaran layanan 5G di Indonesia.
Rupanya tidak hanya frekuensi 2,3 GHz, seperti disampaikan Dedy, operator seluler bisa menghadirkan 5G dengan frekuensi yang sudah ada.
"Indonesia telah menerapkan kebijakan netral teknologi dalam penggunaan pita frekuensi seluler. Oleh karena itu, operator tidak hanya dapat menggunakan pita 2,3 GHz untuk penerapan teknologi 5G, tetapi juga pita-pita frekuensi lain yang sudah eksisting dimiliki oleh masing-masing operator seluler, seperti misalnya 900 MHz, 1800 MHz, dan 2,1 GHz," tuturnya.
Di sisi lain, Kominfo juga terus menyempurnakan peta jalan 5G agar penggelaran teknologi seluler terbaru itu bisa tercapai.
"Langkah lain yang akan dilakukan Kominfo adalah terselesaikannya Peta Jalan (Roadmap) Implementasi 5G di Indonesia melalui Gugus Tugas (Task Force) 5G Kementerian Kominfo. Peta Jalan ini tidak hanya berisi terkait rencana manajemen spektrum saja, namun juga berisi kerangka pengembangan 5G secara holistik, termasuk pengembangan eksosistem 5G nasional dan juga SDM pendukungnya," pungkasnya.
https://nonton08.com/movies/the-taste-of-next-door-sister/
Dear UMKM, Pakai 5 Fitur Ini buat Pertahankan Bisnis
Selama pandemi, gerakan mendukung bisnis lokal, khususnya UMKM, kian marak di tengah masyarakat. Setiap kalangan bahu-membahu mendukung keberlangsungan UMKM demi mendorong pemulihan ekonomi nasional, termasuk Tokopedia.
"Sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia pun berusaha memfasilitasi masyarakat dengan sederet inovasi digital yang bisa dipakai untuk membantu UMKM bertahan, khususnya di tengah pandemi," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).
Ia juga membagikan 5 fitur Tokopedia yang bisa dipakai untuk membantu bisnis lokal bertahan terutama di tengah pandemi.
Fitur Bangga Buatan Indonesia
Melalui fitur di halaman depan aplikasi Tokopedia ini, masyarakat bisa langsung menemukan produk-produk lokal dari berbagai kategori. Mulai dari fashion, kecantikan, makanan dan minuman, rumah tangga dan masih banyak lagi.
Ulasan
Ulasan dari pembeli memegang peranan penting dalam meningkatkan kredibilitas toko dan penjualan, maka setelah berbelanja, memberikan ulasan akan sangat membantu penjual.
Following dan Feed
Selayaknya di media sosial, masyarakat bisa mem-follow toko favoritnya dengan mengklik tombol Following di halaman depan toko. Setelah itu, unggahan terbaru toko favorit akan muncul atau bisa diikuti melalui fitur Feed di halaman depan Tokopedia.
Tokopedia Play
Melalui kanal video streaming ini, penjual di Tokopedia yang hampir 100%-nya UMKM biasanya melakukan promosi interaktif dan menghibur. Masyarakat dapat menyaksikan sekaligus mendapat beragam penawaran menarik yang bisa membuat belanja lebih efisien.
Terdapat pula program live spesial 'Brand Lokal Kebanggaan' setiap Jumat pukul 9.00 WIB eksklusif di Tokopedia Play. Program ini mengupas tuntas perjalanan bisnis kreator-kreator lokal.
Selesai
Setelah pesanan sampai dan sesuai, segera klik tombol Selesai agar uang yang dibayarkan pembeli bisa diteruskan kepada penjual. Walau tampak sederhana, hal ini bisa membantu mempercepat perputaran modal para penjual.
Seperti diketahui, selain menjadi alternatif pencegahan penyebaran virus COVID-19 di tempat ramai, belanja online bisa membantu para pegiat bisnis lokal tetap beroperasi di tengah pandemi dan membuat lapangan pekerjaan tetap terjaga. Oleh karena itu, 5 fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar