Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan bahwa pengembangan jaringan 5G di Indonesia masih tahap awal.
Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menambal titik-titik blankspot alias daerah yang belum tersentuh akses internet. Diketahui, 83,218 desa/kelurahan di Indonesia, di mana 12.548 desa/kelurahan yang belum terjangkau sinyal 4G.
Meskipun demikian, pada saat bersamaan Pemerintah juga tengah mempersiapkan deployment jaringan telekomunikasi 5G agar ekosistem lebih siap.
"Ada beberapa hal yang harus saya luruskan. Betul, kita saat ini harus mempersiapkan deployment 5G, tetapi di saat bersamaan fokus kita adalah dalam rangka meningkatkan internet link ratio dan memperkecil disparitas internet antarwilayah di seluruh wilayah negara kita melalui deployment 4G secara masif untuk masyarakat, itu tugas utama dan paling utama dalam rangka transformasi digital kita saat ini," kata Johnny dalam siaran pers Kominfo, Kamis (29/4/2021).
Mengenai implementasi 5G, Johnny mengungkapkan bahwa Indonesia tidak tertinggal dari negara lain. Sebab, menurutnya, banyak negara baru memulai menggelar jaringan seluler generasi kelima tersebut.
Ia kemudian mencontoh negara seperti Singapura yang kini deployment konektivitas 5G baru di kisaran 2%, sementara di Filipina berada di kisaran 0,9%.
"Banyak negara yang sudah melakukan implementasi 5G, iya betul, tetapi tidak secara massif Jadi, masih di tahap yang sangat awal semuanya. Kita pun di sini sudah melakukan, kalau saya tidak salah 12 kali trial 5G," kata Johnny.
Jadi, bukan tertinggal tetapi memang kita mempersiapkan agar ekosistem 5G itu siap benar-benar, sehingga deployment 5G nanti memberikan manfaat dan return bermanfaat bagi masyarakat dan return yang memadai bagi operator-operator 5G. Kita harus mempersiapkan termasuk persiapan regulasi-regulasinya," paparnya.
Lebih lanjut, Menkominfo satu hal yang perlu diluruskan adalah lelang frekuensi 2,3 GHz ini bukan hanya ditujukan pada pengembangan 5G.
"Jangan sampai salah, nanti dunia dan para ahli mentertawakan Indonesia seolah-olah 2,3 GHz atau 2.300 MHz ini hanya untuk 5G. Mohon maaf, nanti dunia mentertawakan kita karena kekhilafan dan kekeliruan komunikasi karena spektrum frekuensi utama untuk 5G tidak saja di 2,3 GHz, tetapi di sisi yang lainnya pun. Jadi, semua level mencakup lower band, coverage band, dan high band, serta ultrahigh band. Ini harus jelas," pungkasnya.
https://maymovie98.com/movies/tenet/
First Media Jawab Keluhan Soal Gangguan Internet
Sebagian pelanggan internet First Media menyampaikan keluhan dan pertanyaan terkait gangguan yang mereka alami dalam beberapa hari terakhir sampai dengan ahri ini. Ada yang tidak bisa online, atau kualitas jaringan yang naik turun tidak karuan. First Media pun menjawab keluhan tersebut.
"Dalam rentang waktu satu minggu terakhir, bisa kami informasikan bahwa tidak ada major problem pada jaringan dan perangkat layanan First Media yang berpotensi atau menyebabkan gangguan masif pada layanan internet ataupun TV kabel First Media," sebut First Media melalui keterangan resminya yang diterima detikINET, Kamis (29/4/2021).
Meski begitu, pihak First Media mengakui adanya area-area yang mengalami gangguan jaringan. Akibatnya terjadi penurunan kualitas layanan di kawasan terdampak. Kondisi ini yang tampaknya dialami sejumlah pengguna hingga kemudian mereka berkeluh kesah di media sosial seperti Twitter.
"Terkait keluhan pelanggan, tim kami telah mendeteksi bahwa di area tersebut terdapat gangguan yang menyebabkan penurunan kualitas signal dan hingga saat ini perbaikan terus dilakukan secara intensif agar pelanggan yang mengalami dampak gangguan dapat segera menikmati kembali layanan First Media," sambungnya.
First Media juga menyampaikan bahwa akun Twitter @FirstMediaCares adalah salah satu akses digital service yang dioptimalkan peruntukannya untuk menerima keluhan pelanggan. Konsumen dipersilakan menyampaikan keluhannya di sana, dan selain itu ada jalur lain untuk mencari informasi bagi para konsumen.
Pelanggan juga dapat mengakses My FirstMedia yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi mulai dari pengecekan status jaringan, self-troubleshooting, booking kedatangan teknisi, informasi seputar solusi produk dan layanan, hingga billing dan payment.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar