Tokopedia mencatat adanya berbagai peningkatan di sepanjang Ramadhan 2021 mulai dari tren transaksi belanja online, donasi serta ibadah dari rumah, hingga tren live shopping.
Terkait live shopping, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkap kanal video streaming Tokopedia Play mengalami lonjakan yang signifikan selama Ramadhan kemarin.
"Terlihat dari kenaikan jumlah penonton kanal video streaming Tokopedia Play hingga 6x lipat selama Daily Ngabuburit Serba Rp 20 Ribu disiarkan sepanjang Ramadan 2021," kata Ekhel dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/5/2021).
Secara umum, Ekhel menyebutkan ada peningkatan lebih dari 7x lipat pada total views di Tokopedia Play di sepanjang Ramadhan.
"Hal-hal ini turut mendorong peningkatan jumlah transaksi penjual di Tokopedia - yang hampir 100%nya UMKM - hingga lebih dari 8x lipat dibandingkan bulan sebelumnya," tambah Ekhel.
Ia pun mengungkap sejumlah kategori di Tokopedia Play yang paling banyak diminati masyarakat. Adapun kategori favorit dalam Daily Ngabuburit Serba Rp 20 Ribu di Ramadan lalu antara lain, kategori Kecantikan, Makanan dan Minuman, Handphone dan Tablet, serta Buku.
Menurut Ekhel, peningkatan live shopping ini didorong oleh sederet nilai tambah yang telah dihadirkan Tokopedia. Ia mengungkap, inovasi ini dilakukan pihaknya untuk membuat pengalaman live shopping yang lebih menarik, relevan, dan mudah.
Selain itu, Ekhel menyebutkan salah satu kemudahan dalam berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga sangat terjangkau pada kampanye Daily Ngabuburit Serba Rp20 Ribu. Lewat kampanye ini, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan mulai dari fesyen, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, peralatan olahraga, kendaraan motor hingga emas hanya dengan Rp 20.000.
Ekhel pun mengatakan saat ini para penjual sudah bisa menghasilkan karya video secara mandiri dengan memanfaatkan fitur Live dan VOD (Video on Demand) di Tokopedia Play.
Tak hanya itu, lanjutnya, masyarakat bisa menikmati pengalaman browsing video yang lebih mulus serta bisa melihat pilihan produk lebih mudah karena langsung ditampilkan pada live room Tokopedia Play.
Ekhel pun menilai, adanya fitur Picture in Picture (PIP) di Tokopedia Play telah mendorong naiknya jumlah penonton. Lewat fitur ini, masyarakat bisa menonton konten video kreatif di Tokopedia Play sambil berbelanja.
"Tokopedia Play menjadi upaya Tokopedia dalam berinovasi di tengah era social-commerce. Era di mana masyarakat berbelanja sambil mencari inspirasi atau sebaliknya, agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat," pungkasnya.
https://maymovie98.com/movies/relacion-matrimonial-y-otras-cosas/
Clubhouse Android Tersedia di Indonesia, Tapi Terancam Diblokir Kominfo
Setelah dirilis terbatas untuk pengguna Amerika Serikat, Clubhouse Android sudah tersedia secara global, termasuk di Indonesia. Tapi media sosial berbasis audio-chat ini terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kenapa?
Clubhouse sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) berkewajiban mendaftarkan diri ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Jika tidak, maka dapat sanksi diblokir aksesnya.
Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Kominfo No 5 Tahun 2020. Kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE dilakukan sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh pengguna, yakni 6 bulan sejak PM No 5 Tahun 2020 diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Artinya bila PSE tidak mendaftar hingga 25 Mei 2021, maka aksesnya akan diblokir oleh Kominfo.
Sejauh ini pemantauan detikINET di situs pendaftaran PSE Kominfo, Clubhouse belum terdaftar. Jadi bila aplikasi ini tidak kunjung mendaftarkan diri hingga tiga hari ke depan maka bersiaplah untuk tidak mengaksesnya baik di Android maupun iOS.
Direktur Jenderal (Ditjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan sempat menjelaskan tujuan kenapa pentingnya pendaftaran PSE di Kominfo. Pendaftaran ini gunanya untuk melindungi warganet sebagai pengguna layanan.
Dicontohkannya, bila suatu saat Clubhouse menghadirkan layanan berbayar, lalu ada masalah dengan penggunanya, maka proses keluhan pelanggan dapat jelas prosesnya.
Pendaftaran PSE sendiri bisa dilakukan secara online di link berikut ini. Sehingga pihak pengembang Clubhouse tidak perlu datang ke Indonesia.
https://maymovie98.com/movies/night-of-the-howling-beast/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar